Tentang si sahabat VS temen~


2015/01/img_2029.jpg
Teman adalah kenal tau tentang kita hanya sebatas itu dan hanya tau.
Sahabat atau temen akrab adalah kenal,deket,tau segalanya sampe mendalem ke keluarga dan mengerti sifat sahabatnya.
Entah mengapa saya mau menbandingkan teman dan sahabat..
Perbedaan kedua sama namun,maknanya jauh berbeda..
Sahabat vs teman

Kisah tentang seorang teman yang berada di sekitar kita. Saling menyapa,basa-basi,bercanda singkat lalu pergi. Datangpun kalau ada perlunya saja. Keberadaannya tidak selalu ada di samping kita.
Mereka ada saat kita butuh atau mereka butuh saja.

Teman..
Biasanya itu penuh dengan ketidakenakan,rasa canggung untuk mencela,penuh basa basi,bercanda basi,penuh pujian dan rasa ditahan kalau mau ngomong jujur untuk menjaga perasaan temannya juga.
Contoh percakapan
*seorang teman update foto di IG”
Mawar : “cantik banget fotonya..”
Melati : “ah biasa aja kok,lo lebih cantik hihihi”
Mawar : “bener kok,ih cantikan lo tau..”
Melati : “lo tau lebih cantik”
Mawar : “lo..”
Melati : “ih elo…”
Dan akhirnyapun perang dunia ketiga di mulai~

Terlalu muak melihat pertemanan yang basa basi,tapi itu juga salah satu untuk mengakrabkan diri.
Bahkan ada teman yang cueknya gak ketolongan saat di bbm.
*komen foto bbm*
Rama : “ih dp lo keren”
Sinta : “makasih”
Selesai~
Padahal di dunia nyata sering bercanda bareng,ledek-ledekan sampai di kelas rame kalau mereka berantem bercanda.

Ada juga temen yang kesel tapi di tahan…tahan..tahan… Akhirnya meledak~
Seperti ini…
*janjian kongkow ke sebuah caffe*
Fx : “aduh maaf ya lama,macet soalnya”
Ex : “eh gak apa2 kok,santai aja”
Fx : “iya hehhe”
Padahal di dalam hati udah meraung-rangung sumpah serapah kesel menunggu 1 jam dari waktu janjian.

Kalau soal curhat pacar,gebetan atau bahkan mantan. Reaksi teman hanya sebatas mau tau dan tingkat kepedulian hanya sebesar 30 persen.
Karena mereka tidak memahami sifat temen itu dan hanya sebatas obrolan saja.
Seperti ini percakapannya..
*saat si teman baru saja putus dr pacarnya*
Kipas : “dia selingkuh…gue putus sama dia..,padahal masih sayang banget”
Angin : ” yaudah lo sabar aja,pasti menemukan yang baik lagi”
Kipas : “gue harus gmana?*nanggis kejer2 sampe berember2*”
Angin : ” aduh gue juga binggung,lo sabar aja ya..”
Si teman tidak memasuki curhatan temannya itu sampai otak dan males untuk berfikir memberikan jalan keluar. Takut salah bicara dan memang bukan urusan dia juga.

Saat ujian atau mengerjakan tugas biasanya mereka pelit,enggan menggasih jawaban dan masa bodoan yang penting dia sudah.
*saat pengumpulan tugas di hari terakhir*
Lampu : “lo udh ngerjain tugas blom?”
Merah : ” aduh blom,lo udah?”
Lampu : “blom juga..”
Padahal mereka sudah mengerjakan dan tidak mau saling memberitahu.
Begitulah teman..
Tapi ada juga teman yang gak pelit…

Kalau ada suatu event,tugas, gak ada temen atau keperluan sesuatu. Mereka bakalan bareng terus untuk mencapai target,sampai selesai. Mereka kembali ke dunia masing-masing atau bahkan dengan dunia barunya.
Bahkan lebih parahnya bila ada masalah atau kesalahpaham bakalan berantem besar-besar sampai membawa pasukan GENK nya untuk turut bergabung menyerang dan membawa bambu runcing dan memakai ikat kepala Hahahha
Melupakan semua kebaikan-kebaikan yang sudah di lakukan…

Sahabat…
Seorang yang selalu barengan saling membutuhkan satu sama lain.
Biasanya engga banyak basa basi,terbuka,ngablak apa aja di omongin,perhatian,peduli dan engga banyak nahan-nahan omongan.
Contoh percakapan
*update foto di IG*
Kiri : “anjir komuk lu butek amat”
Kanan : “sembarangan ini muka tercantik yg ada di dunia”
Kiri : “gelik lo…”
Selesai~
Engga sampe perang basa basi yang membuat pusing hahha

Ada lagi obrolan saat di bbm yang memberitahu kekurangan temannya tanpa banyak pujian.
Contohnya seperti ini
Depan : ” eh ganti dp lo,sumpah muka lo aneh..”
Belakang : “masa sih,eh iyaa aak malu…”
Depan : ” gak ada perhatiin juga,baru kan? Cepet ganti.”
Di dunia nyata sahabat bakalan komen apapun yang aneh di dalam diri sahabatnya. Mau dia salah pake baju,sepatu kebalik,ada sesuatu di rambut,sesuatu di muka atau bahkan dia jalan ngesot pun bakalan di komen perbaikan sama sahabatnya. Jd kalau sabahat bawel.. Berbahagialah,karena mereka peduli sama lo…

Saat janjian sama sahabat untuk bertemu dan rasanya hp seperti ada hantunya berdering terus menerus,kalau engga sms ya tlp. Sahabat bakalan emosi tanpa di tahan kalau sahabatnya telat…bahkan telat 5 menit.. β€’__β€’
*janjian di jalanan menuju mall*
Mangga : “maaf maaf gue telat..,soalnya gue baru bangun hahha”
Muda : “parah parah ya lo..,gue udh nunggu sampe kaya ikan asin.. Males ah gue kesel..”
Mangga : “ih lebay lo,telat 5 menit aja sih.. Lagian kan lo tetep kece kok haha”
Muda : “tetep aja waktu gue kebuang sia2 menunggu jomblo kaya lo..”
Terus ngomel tiada henti sampe dia menutup mata terakhir hahhaa. Sahabat bakalan jujur dan engga banyak alasan untuk membela diri.

Berikutnya saat patah hati…
Saat merasa patah hati pasti yang kita butuhkan adalah motivasi dan tempat curahan yang terpercaya.
Sebagai contoh saat patah hati dan curhat ke sahabat,seperti ini..
Coca : “gue di selingkuhin..”curhat penuh air mata
Cola : “udah gue bilanginkan.. Dia itu cowok br*ngsk.. Batu sih lo..”
Coca : “tapi gue masih sayang..”
Cola : “udahlah,buat apa cinta bila lo disakitin.. Gak terima gue liat begini”
Coca : *nanggis semeber*
Karena sahabat selalu memantau sahabatnya. Apalagi kalau cowok sahabatnya udah bertingkah laku mencurigakan. Namun,manusia kalau engga kena sendiri gak bakalan percaya omongan orang lain.

Sahabat kalau ada tugas,mau ujian atau udah dapet jawaban soal kisi-kisi biasanya tanpa di tegur,samperin duluan.. Seperti ini..
Pulpen : “eh ini gue udah kerjain.. Cepet lo catet jangan lama…”
Pensil : “aduh baik sekali kau bunda dari haha”
Namun,untuk hal ini sepertinya tergantung jenis orangnya juga. Gak selama ada orang mau memberikan dengan cuma-cuma tanpa usaha.

Terakhir,bila kita salahpahaman atau berantem sama sahabat.. Bakalan lama..
Tapi ada masa di masa kita kangen satu keadaan bersama sahabat..,susah seneng nanggis bareng atau tertawa bersama.
Walaupun sahabatan,kadang yang sudah tau busuk2nya sahabat,bakalan jauh lebih jahat menceritakan kejelekan sahabatnya ke orang-orang lain bila lagi kesal dan benci.
Hingga pecah dan entah bakalan bisa bersatu atau kembali menjadi “sahabat” (musuh dalam selimut).

2015/01/img_4837-0.jpg

Berkedok sahabat,tau2nya pemanfaatan dan hanya ingin tau kejadian2 sesuatu untuk di ceritakan kembali ke orang-orang.
Ada juga berkedok sahabat,malah merebut pacar, Popularitas sampai ada yang merebut keluarga harta benda..

2015/01/img_4061-0.png

Semua bisa terlupakan dengan saling memaafkan..
Saling melupakan kejadian masalah,saling intropeksi dan mengingat masa-masa susahsedihbareng.
Menyimpan dendam,bukankah sangat menyakitkan diri sendiri..
Terluka tanpa di sakiti fisiknya..

Karena sahabat sejati bakalan ada di hati.. Mau dia beda kota,beda kuliah,beda kerjaan,beda agama,beda negara atau yang sahabatnya sudah tiadanya pun bakalan terus di ingat.
Sampai lost kontakpun,suatu hari bakalan bertemu lagi…
Seperti sahabat saya “ciran” dia yang menghilang,tiba2 kontakin saya lagi..
Bahagia karena dia adalah sahabat saya dr SD dan terpisah karena ada masalah di dalam dirinya hingga dia menjauh.

2015/01/img_2005.jpg

Perbedaan yang begitu mencolok antara teman dan sahabat(temen akrab) di mana mereka punya tujuan masing-masing.

NB : efek bahagia bertemu lagi sama ciran hahahaha

Iklan

21 thoughts on “Tentang si sahabat VS temen~

  1. Intinya kalau sahabat itu mau menerima kekurangan dan kelebihan sahabat di samping kita tahu kalau kekurangan dan kelebihan kita itu juga diterima sama si dia :hehe

    • hahaha bener banget tuh mbak,
      apalagi sama temen2 yang kerjaan kepo..meningan unfriend ajalah haha
      tp kalau sahabatmah bakaln beda lagi,dia udh tau jd gak kepo πŸ˜€

  2. Wah iya kalo temen banyak basa-basinya, gak enakan kalo ketemu di jalan paling nanyanya kabar, kerja dimana?, tapi kalo temen malah bisa nanya kapan mati?. Kan taiik!
    Tapi ya gitu dah sahabat… Kadang juga suka nyindir yang sebenarnya dia lagi nunjukin kepedulian dia ke kita. Sel….. Kamu mau gak jadj sahabat akuhh… *ehapasih. πŸ˜–

  3. SAHABAT SEJATI itu katanya klo udah deket sampe 7 tahun tanpa berjauhan πŸ™‚
    Tp sy pernah denger ada yg bilang, “teman yg dekat lebih baik dripada sahabat yg berada di kejauhan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s