Cerita tentang jarum kecil-kecil~


IMG_4895

Jarum..
Benda tajam yang kalau ketusuk tubuh pasti menimbulkan nyeri dan kadang suka berdarah.
Udah tau sakit,kenapa mau coba?
Pertanyaan yang memang bikin mikir tapi penasaran.
Bukan berceritakan tentang rumah sakit,kang jait,atau sejenisnya..
Tapi cerita tetang..,
“Pergi ke akupuntur”

Awal cerita kemarin,saat lagi di kampus menuju toilet lantai 4,saya melewati sebuah ruangan ada tempat tidur seperti di ruangan dokter. Jalan ke depan lagi,ada sebuah poster besar bertuliskan n “di buka praktek akupuntur” kemudian di bawahnya bertuliskan “diskon 50%”..
Oke soal diskon,semua cewek pasti melek.. Hahha
Awalnya masuk ke dalam ruangan niatnya mau liat-liat. Namun,saya terdiam melihat brosur di depan pintu bacaanya begitu menarik yang membuat saya mau mencobanya
“Penurunan berat badan”
Di sana saya bersama kedua teman saya.. Sebut saja “mukmer(mukamerah)” dia kalau ketawa pasti muka kaya tomat haha
Dan satu lagi si jazzy. Sempat tergiur untuk mencoba akupuntur,apalagi setelah temen-temen saya mendukung dan berbicara seperti ini..
Mukmer : “berarti lo wisuda nanti bisa kurus..,lo harus niat sel”
Saya : *pasangmukaberharap* *senyum2seneng*
Jazzy : “ah palingan abis ini makan banyak lagi..”
Seketika gue murung..,perkataan jazzy membuat gue tidak bersemangat lagi.
Mbak2 resepsionis : “bisa kok ngilangin napsu makan,biasanya suka di kasih alat di kuping biar gak napsu makan..”
Kita bertiga yang awam langsung kaget,ketertarikan saya menjadi 80 persen. Hingga saya langsung membuat janji untuk minggu depannya. Setelah itu,gue dan temen2 kembali ke kelas. Tiba2 dosen mendadak kabarin engga bisa datang.. Sial.. Padahal jauh2 dr timur ke barat bela2in ujan2an dengan gampangnya ngebatalin.. #nasibmahasiswaPP

Setelah befikir panjang,saya memutuskan untuk kembali ke ruangan akupuntur..
Awalnya berfikir kalau akan menunggu lama dan apa mungkin di tunda minggu depan,namun ternyata engga ada pasien. Sayapun mengisi biodata pasien baru. Rasanya deg2an banget,apalagi saya takut di suntik hahaha
Karena sifat penakut saya,mereka berdua terpaksa menemani saya sampai ke dalam ruangan. Sungguh lucu,layaknya anak kecil di temani oleh kedua orangtuanya.
Saya duduk di depan terapisnya..

IMG_4888

Sebut saja si terapis “shinchan” karena alisnya tebalnya mirip shincan haha
Shincan mulai banyak memberikan pertanyaan(diagnosa)..,mulai dari tujuan saya,sampai pertanyaan tentang yang ada di diri saya seperti ini..
Shincan : “sering bab?”tanya dia serius
Saya : “kadang2 lancar,kadang engga tp suka di bantu pake pencahar kalau sampai 4 hari engga bab..”jawab gue lengkap
Shincan : “gak bagus itu minum pencahar..,harusnya makan buah sama minum air putih”nasehat dia yang sepertinya penuh perhatian.
Saya cuma diam,karena memang salah.
Shincan : “saya mau cek nadi mbak boleh?”
Saya. : “boleh” jawab gue mantap,lalu mengulurkan kedua tangan gue.
Dia mulai mengecek nadi gue.
Tiba2 shincan sendawa berkali2. Gue shok.. Begitupun teman2 gue..
Gue kira dia kerasukan atau apalah..
Shincan : “mbak sely lg banyak angin ya.. ?”tanya dia yang terus sendawa.
Saya. : “hah?hmm sepertinya pak..”jawab gue ragu. Soalnya gue ngerasa lagi sehat dan entah itu angin gue tahan yg mau keluar ke bawah atau apalah.
Shincan : “saya bisa mentransfer energi dr orang lain,jd bisa mersakan kalau lg masuk angin.. Coba sini kalian berdua..”kata dia yang malah mengecek nadi kedua tangan temen saya.
Pertama mukmer..engga sendawa sama sekali.. Pas jazzy dia sendawa lebih banyak di bandingan saat gue.
Gue dan mukmer ketawa ngakak..
Entah mengapa moment sendawa si shincan begitu mengelikan perut..

Selesai diagnosa,dia bilang gue bakalan di terapi tusuk-tusuk jarum di kaki dan kuping. Rasanya mendengar kata tusuk-tusuk,bagaikan daging-daging yang akan di jadikan sate.
Saya di suruh berbaring di kasur yang sudah di sediakan,diam2 sama meminta teman saya untuk memfoto saya. Karena moment pertama kali dalam hidup saya. Ketusuk saat menjahit aja sakit,apalagi di sengaja ditusuk haha
Gak sengaja ke tusuk jarum aja sakit,apalagi di tusuk dari belakang..
#salahfokus#

Dalam hati saya berdoa.. Semoga selesai ini saya masih bisa hidup dan tidak kempes terbang ke angkasa hahhaa di kira balon kali..
Kalau kata shincan..,sakitnya seperti di gigit semut..
Oke bisa bayangkan,gigitan semut seperti apa.. Endingnya bentol2 gede..
Semoga aja selesai ini tidak seperti bekas digigit semut hahha

Si shincan mulai menusuk satu persatu jarum di kaki gue,mulai dari betis sampai telapak kaki yang sebelumnya di berikan alkohol 70 persen.
Pemikiran gue buruk tentang jarum macam apa yang akan menempel di tubuh gue..Ternyata engga sebesar yang gue bayangkan haha
Kecil dan sangat tipis..
Karena sakit takutnya di tusuk,gue sampe teriak padahal blom di tusuk sama si shincan..
Hahha

IMG_4889

Shincan : “gak sakit kan?”tanya dia
Saya : “gelik pak hahaha”kata gue tertawa.
Shincan : “baru tumben ada yang geli”kata dia aneh.
Jazzy dan mukmer ketawa.
Sebegitu anehkah badan gue sampai pertama kali pasien efek geli….itu gue haha
Untungnya gak membel kaya badannya rufi si manusia karet di kartun one peace hahha

Kemudian dia mulai menusukkan jarum di bagian kuping saya..bukanya diam dan tenang,saya malah ketawa-katawa.. Sampai2 si shincan dan kedua temen sama ikut tertawa..

IMG_4890

Setelah itu saya menunggu 20 menitan..
“Tik…tuk…tik…tuk..tik…tuk…”
Setelah itu,si shincan datang mencabut jarum-jarum di kaki dan kuping sama lalu di berikan alkhol lagi biar engga infeksi..
Lagi-lagi dia menanyakan ke saya efek apa yang terjadi di diri saya..
Shincan : “ngantuk gak sel?”tanya dia serius
Saya. : “engga pak haha”
Shincan : ” biasanya orang2 mengantuk loh sel.. Kamu memang unik.. “Kata dia heran.
Gue cuma tertawa.. Entah mengapa gue terlihat berbeda dengan pasien-pasien yang lainnya -___-”

Selesai itu…
Saya berfikir…
Rasanya ragu meneruskan terapi pengurusan dengan terapi akupuntur..
Walaupun memang bisa membantu…
Tapi tanpa bantuan diet mengatur pola makan yang sehat dan olahraga tidak akan bisa merubah segalanya..
Karena perlu usaha yang sungguh-sungguh untuk mengejar suatu niat yang kita mau..
Tidak ada usaha yang sia-sia bila kita niat dan tekun menjalankanya..
Sudah banyak terbukti temen2 yang sukses kurus dengan olahraga dan diet sehat..
Jadi ya,harus di niatkan dulu di dalam hati..
Kalau kata temen saya
Jangan hanya bicara,praktek lebih penting dari pada kebanyakan teori..”

Kesanya ke akupuntur itu seru.. Lucu dan memang bener2 di dasari ilmu kesehatan.. Mereka juga sekolah belajar..Apalagi basic mereka di bawah seorang dokter juga..
Jadi yaa pengalaman seru dan coba2 bermanfaat hahha

NB : entah mengapa masih takut ke akupuntur (efek liat banyak jarum) hahha

28 thoughts on “Cerita tentang jarum kecil-kecil~

  1. Pernah liat akupunkturis di RSCM, jadi kelihatannya metode ini mulai diakomodasi sama kedokteran konvensional.
    Cuma saya mau numpang tanya sama Sinchan, kalau seandainya saya lagi sakit hati, Sinchan bisa transfer energinya ke dia, nggak? Soalnya merana banget sakit hati ini *makin salah pokus*
    Diterusin saja Mbak, soalnya kalau berhasil mungkin bisa saya pertimbangkan :hehe *dorong kelinci percobaan*

Tinggalkan Balasan

