Tentang Bercerita~


IMG_5491
Sumber : google

Test…
Hallo hallo Wah bisa nulis lagi akhirnyaaa *nari2 hula-hula hawai* hahaha Selama gue berlayar ke semua arah. Gue menemukan beberapa cerita-cerita unik. Tentang “New Friend” saat itu..
Begini ceritanya….

Saat akhir minggu kmrn,gue bertemu dengan teman baru “stranger”. Entah mengapa dia begitu bersemangat bercerita. Tanpa henti tanpa jeda. Sampe mikir,apa dia gak haus apa ngomong muluk.Rasanya ingin bilang “kak minum dulu,biar gak seret” hahaha
Sebut saja namanya “suneo” karena wajahnya mirip suneo haha
Si suneo dari awal ketemu sampe selesai gak berhenti-hentinya bercerita tentang dirinya,teman-temannya sampai kisah cintanya.

Beranggapan awal,pertemuan pertama kali dengan teman baru bakalan boring,kaku dan bakalan banyak diamnya. Salah semuanya !!!
Bertemu dengan suneo,membuat gue banyak berfikir dan tertawa terpingkal-pingkal. Mulai dia cerita tentang pekerjaan dia dari awal sampai bisa kaya sekarang. Setelah lulus SMA,dia berjuang hidup sendiri,tanpa minta dari orang tua. Mulai dari dia bekerja jd crew di sebuah permainan yg pake koin atau kartu,dia jd sales di bank sampai dia naik derajat bekerja di sebuah kementrian milik negara,walau honorer.
Suneo : “hidup itu perjuangan,harus punya impian tapi harus di wujudin dengan usaha keras dan terus berdoa
Gue : gue cuma kagum dan tersenyum.
Ada lagi percakapan yang membuat gue tertawa.
Suneo : ” iya sel,jd ada tuh temen kaka yang agak lenje2 ke cwek2an. Tapi dia baik banget orangnya,banyak ajarin kaka”kata suneo bangga.
Gue : “ajarin ngelenje kak?”tanya gue asal.
Suneo : “iya… Eh enggalah sel hahha ajarin dalam pekerjaan waktu itulah”jawab dia yang gak fokus dengan pertanyaan asal gue.
Gue : katawa ngakak terpingkal-pingkal.

Dia juga cerita bagaimana dia di hina sama kaka dari pacarnya dulu,ketika dia bertemu lagi mompa balon di mall.
Kalau kata suneo “muka tembok itu penting sel,ingat km kerja halal gak kotor.. Kenapa harus malu..toh mereka yg menghina engga kasih makan dan bayarin hidupan kita kan?”
Benar banget.. !!!
Kita beli omongan mereka dengan sejuta prestasi yang sukses 🙂

Suneo gak malu dengan semua cerita-cerita tentang pengalaman2 hidupnya. Malahan mau berbagi cerita dan nasehat-nasehat sederhana tapi bermakna dalam buat gue. Usia dia masih tergolong muda,hanya beda beberapa tahun di atas gue. Pemuda yang penuh semangat dan perjuangan di kala kehidupan keluarganya tidak berpendapatan lebih. Salut buat suneo..

Lanjut cerita ke temen baru lainnya. Kalau yang ini hampir sama kaya suneo,cuman sifatnya jauh berbeda. .
Sebut saja namanya “barongsai” ya dia itu begitulah hahaha
Si barongsai,lebih suka bercerita tentang keluarganya dan kisah pertemanannya. Sifatnya melankolis dan gampang menyerah hahaha
Sampai dia pernah bercerita seperti ini :
Barongsai : “rasanya saya mau mati saja sel,saya sudah di selingkuhin dulu.”curhat dia yang mulai sedih.
Gue : “yah jangan ngomong gitu lah kak”jawab gue sewajarnya.
Entah mengapa,di usia dia yang sudah di katakan dewasa malah terkesan kekanak-kanakan.

Tapi di balik semua itu,dia adalah pria dewasa mapan yang berusaha untuk hidup mandiri dan di katakan berhasil mencapai apa yang dia inginkan tanpa menyusahkan orang tuanya.

Lagi-lagi tanpa malu dia bercerita semuanya. Namun,kalau si baronsai ini setia. Iya,dia setia dengan pekerjaannya yang sudah di jalananinya lama. Sampai dia berhasil mendapatkan gaji dan jabatan yang setimpal dengan kerja kerasnya. Sebelumnya dia cupu banget masih gak ada apa2nya sampai dia kini menjadi orang yang di butuhkan di perusahaan itu.
Barongsai : “nanti kalau kamu sudah bekerja,kamu bakalan menemukan berjuta2 manusia yang bertopeng sel.”
Gue           : “jd orang-orang itu pake topeng gitu kak?”gue gak fokus.
Barongsai  : “ya enggalah haha di dunia perkuliahan.sekolahan engga ada apa-apan nya di bandingkan dunia pekerjaan sel.kamu harus tau mana temen dan mana lawan
Gue : gue cuma diam.
Sunoe ke segi positifnya,tapi yang ini ke segi negatif dalam pengalamannya.

Sifat barongsai yang gue kagumin itu….dia yang sopan dan menghargai privasi orang. Namun,kalau bicara atau bbman sama dia,gue kaya lagi bimbingan sama dosen. Kaku,banyak kata-kata formal dan bahasanya bener2 luar biasa unik huahaha
Salut deh buat barongsai yang selalu berjuang dan berbagi cerita segi negatifnya. Mau menasehati,walau kaku dan penuh melankolis dan baperan parah(berperasaan) haha

Cerita terakhir ini tentang seorang temen baru gue lainnya. Dia seumuran yang ternyata banyak pengalamannya. Ini tentang si “puasa” yang pernah berbagi cerita tentang disability waktu itu.

Puasa yang sama-sama berjuang seperti gue untuk lulus tujuan yang sama. Walaupun baru kenal,dia mau bercerita mulai dari keluarganya,teman-temannya dan pengalaman dia selama praktek.
Dia sampai bercerita tentang sahabat-sahabatnya yang dari cupu sampe dia kini malah jadi DJ(disk joki) dan seorang temen jurusanya yang lucu parah. Begini percakapanya.
Puasa : “iya si “itu” pas di tanya sama gue setelah lulus,lo mau ke mana? dia jawab apa? Dia bilang mau lanjut ekonomi. Gilak kan,masa medis yg nanganin manusia ke ekonomi yang temenan sama keungan.”cerita panjang dia yang membuat gue shok.
Gue : cuma ketawa terpingkal-pingkal.
Temen si puasa itu lucu parah,dia sampai buka praktek akupuntur dan lintah keliling di kampus huahha

Dari semuanya,puasa bener-bener engga pernah malu untuk cerita kalau dia pernah coba ngedrink(minuman miras). Tapi dia engga ngerokok. Dia cerita juga jarang masuk kuliah,selalu gak taat memakai pakaian seragam kulianya dan dia selalu tidur di kelas hahaha

Cita-cita dia sunggung membuat gue berfikir panjang. Dia dan gue sama-sama terjerumus di jurusan yang engga kita inginkan dan engga tau apa-apa soal jurusan yang kita ambil itu,namun dia mau berjuang sampai punya tujuan mempunyai sebuah klinik dan menjadi dosen kelak.

Dari cerita-cerita mereka semua,saya jadi tersadar. Gak selamanya kita bakalan minta terus sama orang tua. Sayapun malu,masih minta dan blom berpenghasilan. Harus punya tujuan yang jelas,berdoa dan usaha yang keras pastinya.

Dari ketiga cerita itu,tujuan mereka satu. “Mau bahagiain orang tua mereka dan menaikan derajat hidupnya”

Mulai dari yang udah dikatakan sukses,hampir sukses dan akan sukses. Mereka mempunyai tujuan hidup yang pasti tanpa menyerah dengan keadaan.

Seperti mereka tau kalau saya “penulis blog eceng2an” dan mau menambahkan tentang mereka di tulisan baru gue dengan mendengar cerita-ceritanya hahaha
Karenanya saya lebih suka mendengarkan orang bicara,apalagi saat mereka bercerita. Gak bisa “selfish” memotong omongan dan bercerita tentang diri sendiri di saat mereka seru bercerita. Rasanya saya masuk ke dalam kehidupan mereka dan turut merasakan. Akan bakalan ikutan ketawa terpingkal-pingkal dan prihatin kalau sedih bahkan nanggis…

Terima kasih kak barongsai,kak suneo dan puasa..
Pengalaman kalian berarti buat gue
Kalian luar biasa !!!!!

NB : pengalaman adalah sebuah cerita yang berharga hahaha

Iklan

16 thoughts on “Tentang Bercerita~

  1. Menarik Sel. Emang dari temen-temen kita biasanya banyak pelajaran bisa diambil ya. Btw semoga waktunya gak kerasa ya antara skripsi sampe wisudanya.

  2. Belajar dari pengalaman adalah guru yang paling baik, apalagi pengalaman orang lain ya Mbak, karena ibaratnya kita belajar tanpa modal :hihi (pikiran ekonomis).
    Ngomong-ngomong, curhat sedikit, saya merasa kalau saya sedikit mirip dengan si Barongsai :haha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s