Jera~


Semua orang yang pernah jatuh,pasti tidak akan mau lagi,jatuh di lubang yang sama. Sama halnya sudah tau bakalan sakit dan gak mau lagi.

Seperti halnya “jera”.

“Kalau engga ada efek jera,gak akan pernah menyesal dan akan melakukan hal yang sama lagi”

Apa sih sel arti jera itu?

Jera jangan ditambahin wat ya,nanti malah menjadi yang suka menempel di wajah hahaha *apaansihsel.

Jera menurut arti adalah tidak mau berbuat lagi. Kalau dalam deskripsi pemahaman simple gue adalah KAPOK. Bukan pisang kapok ya guys.. hahha :D.

Yuklah lanjutt…

Suka sebel gak sih,kalau melihat orang yang terus saja melakukan hal yang sama,padahal sudah tau itu salah. Eh,teteeeepp aja ngeyel. Rasanya mau di gelitikin sampai nanggis gitu gak sih.. -___-“.

Contoh simple dari kisah pak kumis yang selalu aja susah di bilangin.

Gue : “kan udah di bilang ya,musim ujan bawa jas ujan. Dari pada mandi ujan. Sian bajunya basah.” Tetep ya gue mikirin bajunya dari pada orangnya haha.

Pak kumis : ” biarin ah basah2an nanti juga kering”.

2 hari kemudian pak kumis sakit flu berat. Endingnya dia kapok alias jera dengan kengeyelan dia,yang tidak peduli dengan dirinya sendiri.

Cerita kedua tentang si dorami,mirip banget kek adeknya doraemon asli deh hahaha.

Dorami : “gue mau resign ajalah ya,males sama si bos dan lingkungan yang toxic”. Ngeluh dorami selalu selalu selalu dan selalu di setiap bertemu.

Gue : ” mau lu kerja dimana aja,mau di perusahaan A sampe Z bahkan lu tinggal di planet lainpun bakal ada tipe bos or lingkungan toxic. Kalau mau enak ya tidur aja di rumah.”

Karena emang susah di bilangin sama yang lebih tua dan berpengalaman(sokamatsihsel). Bener aja,dorami berkali2 resign dan mencari kerjaan yang di ingin-inginkan dia. Endingnya jd kaum rebahan di rumah.

Kalau contoh jera di gue ya lagi2 soal “DIET”.

“Seorang bisa jera,bila dia sudah merasakan ketidak enakan yang merugikan dirinya sendiri. Barulah merasakan efek jera itu.”

Berkali-kali diri ini mau diet…,diet dan diet. Tapi,selalu aja mengkhiati diri gue sendiri,untuk terus nyemil…. nyam..,nyam..,nyam..,makan2nan enak nan mengiurkan. Lama-lama kelamaan,beneer aja berat badan memprihatinkan untuk di tengok saat nimbang. Mungkin timbangan saat gue nimbang,meronta2 minta tolong…

tolong,tolong jangan naik ramai-ramai hahaha.

Sumber foto ini dari (bolastylo-bolasport.com).

Kadang hati kecil terus memberikan semangat dan motivasi buat tetap terus bisa menjaga kesehatan dan mengurangi makan2 yang berlebih. Tapi apadaya,hati dan tangan tak sejalan.

Semenjak itu,gue udh berhasil dong diet walau masih cemenlah alias gak kuadtan kalau si kaka suapin suka mangap aja bawaanya hahaha.

Kerugian yang gue dapat,selain makin gendats,kesehatan gue jd menurun pula. Jadi gampang lelah,apalagi beraktifitas. Kapoklah… -_-“.

Kalau cerita selanjutnya tentang si korban pacar anoyying,sebut saja agnes. Temen gue yang baik hati dapet pacar jahara hiks…,sian si agnes.

Agnes adalah seorang pacar yang sabar dan ya saking sabarnya jd terlihat menyebalkan alias bucin (budak cinta). Sudah berkali-kali,kekasihnya mempermainkan dirinya. Berpacaran sudah 5 tahun,di saat sudah mau bertunangan. Si kekasih lagi-lagi mengkhinati dirinya.

Bukan satu wanita,bahkan 3 wanita yang sudah mengisi hati si kekasihnya agnes. Hingga ketahuanlah,si kekasih agnes itu berpacaran dengan teman dekatnya agnes di kantor. Hingga kini,agnes barulah merasakan jera dari kelakuan menyedihkan kekasihnya. Huh,dasar buaya darat.. jd ingin menyanyikan lagunya RATU-lelaki buaya darat.

“Lelaki buaya darat… busyet,aku tertipu lagi. Mulutnya,manis sekali. Tapi,hati bagai srigala (ggs). Uooo.ooou. Ku tertipu lagi oh..ku tertipu lagi oh”

Padahal,mereka 1 minggu sebelum kejadian ketahuan jalan berdua di bioskop sambil berpegangan tangan mesra,agnes dan ex kekasihnya bakal tunangan.

Rasanya gue mau ajak agnes bernyayi,lagunya agnes monica yang jera…

Satu.. dua..tiga…. #nyanyibarengagnes.

“Engkau yang dulu pernah ku cinta. Namun,terlanjur kau bersamanya. Dan kau terluka oleh cintanya. Kini kau hadir,kusudah… jera~~”

Si ex kekasih agnes,berkali-kali memohon untuk terus bersama dan tak akan mengulang lagi. Tapi,hati agnes sudah jera. Tak mau tertipu lagi. Gak akan mau lagi jatuh,jatuh,jatuh ke lubang yang sama.

Mungkin perih,namun… menikah bukan hanya untuk sementara,tak sama saat berpacaran. Semua orang yang akan menikah ingin selamanya. Hal kesetian saja bisa berkali2 di khianati,apakabar nanti kalau sudah menikah. Semua sudah rencana tuhan…

Seperti lagu krispatih- cinta putih.

Khianati…, sebisa dirimu mengkhianati. Karena,kupastikan kelak kau,mohon aku. Untuk kembali padamu lagi….uooo..oouu”

Bahkan,negarapun membuat efek jera kepada setiap pelaku kejahatan dan adapula pelaku pelanggaran. Ada yang di penjara sampai harus bayar denda.

Karena merugikan ke orang lain,itu harus ada tindakan tegasnya,apalagi sampai2 parahnya bertindak melakukan kriminal. Kalau kata bang roma “sungguh ter..lalu..”. Syukur2 bisa membuat efek jera,agar tidak melakukan hal pelanggaran tersebut.

Semua kesalahan pasti harus ada efek jeranya.

_Sekian_

NB : btw,kenapa jd banyak lagu2nya sel? Haha.terima kasih sudah berkunjung dan membaca~~ 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s