Berkisah Jatuh Bangun bersama Bunay Kitchen~


Halloo,

Tidak terasa ya sekali buka blog dan menulis kembali. Eh,udah 2023 aja hehe. Jaman masih lajang,hobby banget membuat tulisan tentang resolusi di setiap akhir tahun haha. Sekarang rasanya sudah menjadi pembicaraan klise.

Usaha baru selseya

Ngomong-ngomong soal bazar,gue akhir-akhir ini lagi suka banget ikut usaha ngebazar di weekend dan di setiap weekdays gue isi dengan melakukan hal yang gue suka. Iya,menerima pesanan kue hehe.

Gue banyak banget cerita jatuh bangun usaha baru gue sampai bertemu pembeli yang bener-bener membuat gue harus kreatif hehehe.

Selain sibuk mencari pekerjaan tetap,alias mau kembali ke dunia drama perkantoran hehe. Gue lagi sibuk pula menekuni usaha kuliner. Nama usaha gue kali ini “bunay Kitchen”.

Filosofi usaha gue ini,buat brand nama perpaduan antara gue dan kedua anak gue yang nama depannya nay dan nay. Gue di panggil buna sama mereka jadilah. bunay dan kitchenya ya biasalah karena usaha gue berhubungan sama dapur hehehe.

Mulai dari perkue-kuean basah sampai bisa juga pemesanan snack box. Hanya saja,gue juga fokus ngebazar ke kuliner lain. Apapun gue coba-coba sih hahaha. Sambil mencari jati diri yang cocon usaha apa. Kecil-kecilan sih.

Gue awal mulai bazar tuh di depan ruko perkantoran gitu,hanya ada di hari minggu saja. Membayar sewa harian atau bulanan dan bisa juga tahunan. Karena gue kadang suka mager hehe. Jadi,tergantung mood dan mencari waktu kosong suami juga sih. Karena buka stand bazar sendiri itu gak seru.

Saat bazar di depan ruko di pinggiran kota,kondisi usaha gue jatuh bangun. Sedih bangetlah pokoknya hehe. Tema usaha burger rainbow dan kentang goreng kekinian. Hanya 1 porsi saja yang laku haha.

Bazar part I

Padahal ya…,dari materi promosi,konsep food plating dan bahan baku udah oke. Hanya gue salah target sasaran pembeli haha.

Kentang smoke beef keju ala bunay kitchen.

Next..

Gue lanjut buka stand bazar es kekinian. es campur prasmanan dan jasuke mozarella. Rasanya mulai terbangun nih,hanya saja. Di es canpur,sepertiny gue terlalu ikutin arus yang salah hahaha.

Bazar part II

Setelah gue survei pembeli,minat pembeli ternyata lebih suka ke hal sederhana. Lanjutlah gue mengganti usaha gue ke lebih sederhana lagi. Dari es campur prasmanan ke es lemon tea haha. Asli sudah seperti lagi ujian. Banyak tebak-tebakan,eh zonk.

Bazar part III

Setelah part ini,gue sudah tidak lagi ngebazar lagi sampai 2 bulanan. Fokus ke usaha homemade kue basah gue yang di jual ke kantin sebuah rumah sakit hehehe.

Makaroni skutel yang keju dan cream kejunya kebangetan.
Aneka kwenay by bunay kitchen.
Pie buah best seller hehehe.

Dan dalam berjualan juga suka duka yang gue lalui adalah gagalnya masakan gue dan pastinya gangguan pola tidur hehe. Karena kejar-kejar waktu alhasil gue jadi harus tidur pagi-pagi dan masak di malam sampai tengah malam. Itulah ya perlu perjuangan dalam mengapai mimpi 😎😭.

Putu mayang lampu merah

Gue juga menjual kue basah yang selalu gue beli,kali ini buat sendiri dan banyak juga sih yang suka hehe.

Kue talam kekinian
Menjual juga dong dalam kemasan frozen😎.

Gue juga menerima untuk acara,seperti kue tampah atau snack box dengan harga yang ekonomis. Tapi,rasa tidak murahan dong. Lanjut soal bazar.. next.

Di tahun 2023 ini,tepatnya sudah 2 minggu gue memulai ikutan bazar lagi. Kali ini,di tempat yang berbeda. Karena lokasi bazar saat itu,biaya sewa > dari hasil penjualan. Jadi carilah tempat yang sesuai budget hehe. Ya namanya juga UKM kecil wkwkwk.

Dapetnya gue di lokasi yang sangat adem dan bener2 serasa lagi mau camping. Banyak pepohonan yang pasti terget pembeli kali ini adalah para pembeli yang sedang olahraga.

Gue kali itu menjual,es kelapa sirup dan aneka kue yang biasa gue jual di rumah sakit. Hmm,hasilnya cukup menjual ya. Lebih baik dari penjualan gue di tempat bazar pertama. Hanya saja di es kelapa sirup kurang melampau target penjualan gue kali itu hehe.

Bazar part 4

Dari suasana tempatnya tuh,seperti terpanggang bila sudah memasuki jam 10 haha. Kali ini,lokasi bazar mesti modal tenda ya. Gue yang budget ala kadarnya hanya mampu sepetak dulu untuk tenda hehe. Dan serunya tuh,mobil bisa masuk ke deket stand bazar. Jd gak perlu,susah payah memindahkan barang2 dari mobil ke parkiran.

Next di bazar terakhir gue kali ini,sangat tidak menguntungkan minggu lalu. Selain gue salah target mengganti minuman gue dari es kelapa sirup jadi es teh manis jasmine yang pasti sudah banyak yang jual ya ternyata hehe. Boncos lah gue saat itu. Hanya terjual beberapa kue saja karena,cuaca tidak bersahabat.

Hujan seperti suasana hati gue,sedih-sedih harus tetap semangat. Kadang hujan grimis,mendung,cerah eh gerimis lagi. Ah,kacaulah saat itu. Karena disana temanya olahraga,otomatis org-orang mager dong karena cuaca. Tapi gue harus tetap semangat 💪🏻.

Bazar part 5

Btw ada kisah lucu sih di bazar part 5. Tepat jam 8 pagi,datanglah segerombolan emak-emak tanpa meihat tema jualan gue dong. Pesanlah itu ibu-ibu paruh baya.

“Mbak,pesen teh manis panas” kata ibu itu tanpa ragu dan percaya diri.

Gue dan suami gue liat2tan dan merasa gak enak mau menolak. tanpa ragu gue terimalah itu pesanan ibu paruh baya itu. Gue mengecek teh gue yang masih hangat. Oke aman.

Gak lama genk emak-emak itu satu persatu latah dong. Pesan teh manis panas juga. Gue makin gelisah sama suami gue wkwkwk. Gokil asli.

Mau nolak rezeki,ya gak mau lah. Di ambil kok kaya jalur jalan setapak di sungai. Gak lama ibu-ibu yang merasa kesal karena tidak panas protes dan minta lebih panas. Rasanya gue mau nanggis wkwkw. gimana mau minta panas? Gue jual es teh manis lohhh,buuuuuuu…. 😭😭🙏🏻🙏🏻.

Btw ini loh selembaran usaha gue. Dimana teh manis panas???????

“Tenang,aku bawa cadangan loh di mobil” kata suami gue menyelamatkan usaha gue yang udah bener.

Suami gue membawa termos berisikan teh untuk teh cadangan. Alhasil,usaha gue terselamatkan oleh ide suami gue tanpa aba2 dari gue.

Pelanggan puas,penjual lemes.

Penjual bunay kitchen

Gue percaya sih,saat gue udh pasrah dengan keadaan. Tuhan,ada aja ngasih rezeki tak terduga. Walau tanpa rencana. Semoga bazar minggu ini,usaha gue lancar hehe. Rame dan bisa menyelesaikan ujian out of the box dari pembeli seperti minggu kemarin haha. Emak-emak emang the best dalam memesan 🙏🏻.

Kwenay by bunay kitchen.

Yang mau pesan kue bisa loh *lahpromosisel heheh.Yuk follow Instagram kami

https://instagram.com/bunay.kitchen?igshid=MDM4ZDc5MmU=

Terima kasih 🙏🏻.

nb : maaf banget tulisan kali ini panjang banget ya hahaha.

Tinggalkan komentar